Pengertian Waralaba & Nilai Lebih Keunikan Bisnis Franchise

March 3, 2011

Pengertian waralaba adalah sesuatu yang harus dipahami benar-benar oleh seorang pebisnis yang ingin mewaralabakan bisnisnya.  Pengertian waralaba ini harus secara menyeluruh dan tidak boleh sepotong-sepotong.

Bisnis waralaba atau franchise suatu cara atau sistem pemasaran dengan memberikan kesempatan kepada orang atau badan usaha dengan menduplikasikan usahanya secara mandiri  terutama pada unit ( badan ) usahanya dan harta usahanya  yaitu barang daganganya atau uang hasil penjualannya  dll.

Didalam bisnis franchise ada nilai lebih yang selalu membedakan bisnis franchise yang satu dengan franchise yang lainnya dan merupakan salah satu kriteria bisnis yang bisa di franchisekan adapun  kriteria usaha yang dapat di franchise yaitu :

1. mempunyai ciri khas usaha atau keunikan

2. terbukti sudah memberikan keuntungan

3.memiliki standar atas pelayanan barang dan jasanya

4.mudah diajarkan atau diaplikasikan

5.adanya dukungan yang berkesinambungan

6.hak kekayaan intelektual yang telah didaftarkan

Mungkin saja terjadi  bisnis franchise satu dengan lainnya memiliki kemiripan pada jenis usahanya,  akan tetapi  ada  sesuatu yang dapat membedakan setiap usaha franchise  yang satu dengan yang lainnya. Selain merek atau brandnya tentunya dan dapat menjadi nilai lebih  yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi bisnisnya  yaitu keunikan atau ciri khas usahanya.

Sebagai contoh banyak kita jumpai bisnis franchise makanan  yang menjual bakso walaupun sama sama mengusung bisnis franchise yang sama akan tetapi masing masing mempunyai keunikan tersendiri dan ini menjadi nilai tambah dari bisnis yang mereka jalankan. Walaupun  yang dijual mungkin sama tetapi ada hal lain yang membuat seseorang  senang kepada salah satunya karena ciri khas atau keunikan yang dijualnya baik baksonya, tempatnya atau mungkin cara penyajiannya, dan yang paling mudah kita jumpai misalnya bisnis franchise yang menjual burger mulai dari yang di gerobak atau booth bahkan restoran siap saji seperti Mc Donald atau Burger King. Mungkin semua sama sama menjual burger tetapi masing masing mempunyai nilai keunikan yang berbeda baik dari rasa , ukuran maupun konsep penyajiannya dan dari ciri khas atau keunikan akan menjadi nilai  jual dari bisnis franchise yang kita jalankan.

Banyak bidang usaha tidak hanya di bisnis franchise yang sangat mengandalkan keunikan usahanya. Biasanya bisnis yang mempunyai ciri khas atau keunikan yang kuat biasanya lebih dapat bertahan lama. Walaupun ada saja  yang mengikuti atau meniru bisnis yang dijalankan akan  tetapi dari keunikan yang dimiliki tetap akan terlihat berbeda dan biasanya bisnis yang pertama yang mengusung usaha tersebut menjadi pemenang dari persaingan bisnis yang meniru atau plagiat.

Mungkin banyak orang yang mencoba bisnis yang sama tetapi nilai ciri khas usaha tentunya berbeda dan ini yang menjadikan kekuatan bisnisnya setelah merek yang memang telah kuat kita bisa perhatikan banyak bisnis franchise yang tidak memiliki ciri khas atau keunikan yang kuat akan lebih cepat gulung tikar atau bangkrut karena tidak mempunyai nilai lebih yang dapat menjual bisnisnya. Pengertian waralaba secara mendalam dan nilai lebih keunikan suatu bisnis turut menentukan sukses atau tidaknya suatu waralaba.

Comments

One Response to “Pengertian Waralaba & Nilai Lebih Keunikan Bisnis Franchise”

  1. ferry on May 26th, 2011 1:43 pm

    kalo ga punya tempat gmana ya krn susah pilih lokasi

Got something to say?