Cara Franchise – Apakah Bisnis Saya Bisa Difranchisekan ?

March 10, 2011

Cara franchise suatu bisnis seringkali dipertanyakan oleh para pemilik bisnis.  Bisnis franchise adalah salah satu strategi atau cara memasarkan produk atau jasa selain itu ada juga bisnis yang sejenis seperti kemitraan atau business opportunity ataupun lisensi. Cara franchise setiap bisnis pada umumnya sama, biasanya dalam bentuk Business Opportunity atau Franchise.

Banyak ragam dan jenis bidang usaha disekitar kita,  mulai dari yang bermodal kecil dengan bentuk dan penampilan booth yang sederhana  hingga yang memerlukan modal usaha yang cukup besar. Mulai dari tukang nasi goreng dipinggir jalan sampai nasi goreng berkelas hotel berbintang lima atau dari jasa pencucian pakaian  dengan cara  kiloan sampai pencucian  pakaian yang berada di Mall yang mahal tentunya dan mempunyai pola atau cara pemasaran yang berbeda- beda. Ada yang dijalankan dengan cara biasa pada umumnya maupun secara franchise .

Disetiap seminar franchise yang kami selenggarakan hampir pasti diikuti tidak kurang 100 orang. Banyak dari peserta yang sebagian besar memberikan pertanyaan kepada kami tentang cara franchise dan  apakah bisnis mereka bisa difranchisekan serta kiat-kiatnya seperti apa jika mereka akan memfranchisekan bisnisnya. Menurut kami dari pandangan kami sebagai konsultan franchise, hampir semua bidang usaha bisa difranchisekan asalkan mempunyai beberapa kriteria yang dapat dipenuhi. Kriteria ini antara lain apakah bisnisnya sudah memberikan keuntungan atau proven.

Mengapa demikian? Karena jika bisnisnya saja rugi bagaimana nantinya jika dia sudah menjual franchisenya tentunya yang rugi adalah franchiseenya atau orang yang membeli bisnisnya. Hal lain yang tak kalah penting adalah  bisnisnya mempunyai keunikan atau ciri khas baik pada produknya yang ditawarkan  dan  bagaimana cara penyajiannya.  Keunikan lain  mungkin adalah  metoda pengajarannya jika dia berbisnis franchise pendidikan atau bimbingan belajar.

Mengapa keunikan begitu penting adalah  karena keunikan atau ciri khas usaha adalah nilai lebih yang anda tawarkan kepada orang lain sehingga menjadi nilai tambah bagi produk yang anda jual. Mungkin saja semua bidang usahannya sama tetapi satu sama lainnya  mempunyai ciri khas atau keunikan yang berbeda beda. Langkah selanjutnya apakah bisnisnya   sudah distandarisasikan – baik pada produknya, metodenya atau konsep manajemen di perusahaannya.

Contoh standarisasi adalah bagaimana cara mengelola keuangan ataupun mengelola barang dagangannya, selanjutnya transferable atau mudah di ajarkan kepada orang sehingga orang tersebut bisa dengan mudah menjalankan bisnis yang sama dengan diajarkan kepadanya. Oleh  karena itu,  banyak bisnis yang dengan cara yang rumit menjalankannya agak sulit untuk difranchisekan karena setiap cabang atau unit usaha  satu dengan yang lainnya tentunya harus sama dan tidak berbeda tiap unit usahanya.

Ada motto yang mengatakan “more simple, more success” artinya bisnis yang mudah diajarkan lebih cepat sukses dan cepat berkembang sebagai contoh adalah bisnis yang menyajikan makanan siap saji seperti burger atau ayam goreng banyak yang berkembang dengan pesat  seperti Mc Donald dan KFC  tetapi walaupun mudah diajarkan kepada orang lain akan tetapi ada beberapa kerahasiaan yang tetap anda jaga agar tidak mudah di tiru atau dibajak orang lain.

Yang tak kalah pentingnya adalah merek atau brand yang anda miliki karena dengan kita menjadi franchisor berarti kita memberikan hak kepada franchisee kita untuk menggunakan nama atau merek yang kita miliki   dan yang terpenting apakah  sudah didaftarkan pada instansi atau lembaga yang mempunyai keterkaitan dengan hukum karena masalah merek atau brand merupakan nyawa atau ruh dari bisnis yang anda jalankan  kalau anda ingin mendaftarkankan merek  di Indonesia berada di Dirjen HKI dibawah Departement Hukum dan HAM agar ketika bisnis anda berjalan akan  terlindung dari gugatan pihak lain dan  dibawah payung hukum yang jelas dan sebagai bahan pertimbangan anda yang berkeinginan memfranchisekan bisnisnya apakah bisnisnya mempunyai kriteria yang sama dengan yang telah kami uraikan diatas jika sama maka bisnis anda sudah dipastikan bisa di franchisekan

Salam franchise

Taufik Hidayat

Comments

12 Responses to “Cara Franchise – Apakah Bisnis Saya Bisa Difranchisekan ?”

  1. kabhool jaya on September 26th, 2011 4:21 pm

    sore mas,apakah franchisor itu hharus bergabung?/jadi anggota persatuan francihsor indonesia?..trimakasih atas jawabanya mas

  2. admin on September 28th, 2011 12:31 pm

    Terima kasih atas perhatiaannya untuk menjadi franchisor tidaklah harus menjadi anggota asosiasi tetapi akan lebih bagus apabila bapak mempunyai banyak teman yang juga sama-sama telah menjadi franchisor yang telah menjadi anggota asosiasi franchise, saat ini ada beberapa asosiasi yang memayung bisnis franchise di tanah air dan semua kembali pada keputusan bapak kemana bapak akan bergabung

    -Salam Franchise-

    Taufik hidayat

  3. izal on December 11th, 2011 10:09 pm

    klo tata cara awal franchise gmn????

    apakah ada pengajuan dulu atao gmn..

    tanks sebelumnya,,,,

  4. freddy on January 2nd, 2012 12:57 pm

    Salam
    Saya sdh punya bisnis pendidikan dan sudah berjalan 4 tahun. Ingin menggunakan sistem franchise untuk mengembangkan usaha saya. Bagaimana jika saya ingin menggunakan konsultan dalam mengembangkan sistem franchise saya?Mohon informasinya, terimakasih.

  5. wahyu awan on April 23rd, 2012 2:32 pm

    Salam
    Saya mempunyai usaha dlm bidang makanan ringan (crepes) dan sudah berjalan 6 thn. Saya ingin memfranchaisekan produk saya,dan ingin skali brkonsultasi kpda anda bgamana caranya..? mohon infromadinya, terimakasih.

  6. admin on May 10th, 2012 5:24 pm

    Terima kasih pak Wahyu awan atas pertanyaannya,Saat ini bapak sedang menjalankan bisnis crepes dan menurut saya bisnis crepes adalah bisnis yang sangat simple , didalam bisnis Franchise ada motto yang mengatakan “More simple the more success” Hal terpenting dalam bisnis franchise adalah bahwa bisnis bapak memiliki beberapa kriteria sebagai bisnis yang bisa difranchisekan antara lain :
    1.Bisnisnya sudah proven atau sudah memberikan keuntungan
    2.Bisnisnya memiliki ciri khas usaha
    3.Bisnisnya sudah standart dalam segala hal baik produk dan pelayanannya
    4.Bisnisnya bisa diaplikasikan atau diajarkan kepada orang lain
    5.HKInya sudah didaftarkan pada Dirjen HKI(Baik Merek maupun HKI yg lainnya)
    Jika bapak punya waktu mungkin bisa kita atur pertemuan untuk menindak lanjuti apakah kantor konsultan kami bisa membantu bapak untuk memfranchisekan bisnis Crepes bapak

    Salam

    Taufik Hidayat
    INTERNATIONAL FRANCHISE BUSINESS MANAGEMENT (IFBM)

  7. febriyanti on June 23rd, 2012 7:12 pm

    salam kenal,
    saya mempunyai usaha dagang mie rebus sdh berjalan sktr 10 th, bnyk pelanggan menyarankan utk buka cabang, tp sya kesulitan tenaga utk ngelola, sya bepikir utk memfranchisekan aja usaha saya ini, kira kira bisa gak ? klo bisa apa yg hrs sya lakukan / kemana saya hrs minta bimbingan dan konsultasi ? terimakasih.

  8. Yovie on July 15th, 2012 1:32 am

    Dear sir… Say a skrng mempunyai ktr agen property yg baru berjalan setengah tahun, namun sudah banyak transaksi yg dilakukan.. Saya ingin mengembangkan bisnis ini elm bentuk franchise ke seluruh indonesia… Bagaimanakah cara melakukannya?

  9. admin on July 20th, 2012 3:41 pm

    Selamat siang Ibu Yovie

    Terima kasih atas perhatian ibu pada web kami , pada dasarnya bisnis franchise adalah menduplikasikan bisnis yang telah sukses dan untuk menjadikan bisnis anda menjadi bisnis franchise tentunya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi,seperti bisnisnya mempunyai nilai keunikan , sudah standar ,sudah menguntungkan dan bisa diajarkan atau diaplikasikan kepada orang lain , kami harapkan bisnis ibu sudah memenuhi semuanya dan jika ibu mengharapkan bantuan kami, ibu bisa menghubungi dengan beberapa konsultan kami dengan menghubungi 021-72780641
    atau di email :franchiseconsultant@ifbm.co.id
    atas perhatian ibu saya ucapkan banyak terima kasih

    -Salam Franchise-

    Taufik Hidayat

  10. raka on December 18th, 2012 1:20 am

    salam,
    bagaimana prosedurnya wat mendaftarkn produk kita ke dirjen HK??? trs berapa kira2 besaran nominalnya yg hrs dbayar wat mendapatkn lisensi tsb??? makasih

  11. Fadlipedasgila on January 30th, 2014 11:07 am

    Salam sukses selalu..
    Bisa minta contoh surat perjanjian Francise / Waralaba
    Item item apa saja yg penting didalam melakukan perjanjian

  12. Nurhadi Wahyu H. on February 17th, 2014 10:18 pm

    Mohon bimbingan, saya ingin memfranchiskan usaha saya.
    saya berlokasi di Magetan- Jawa Timur.
    apakah ada kantor cabang/perwakilan IFBM yang berlokasi di Madiun/sekitarnya?.
    agar saya bisa konsultasi langsung dengan bertemu perwakilan dari IFBM atau instansi yang semacamnya.
    terima kasih.
    (Nurhadi).

Got something to say?